Klasifikasi dan Perkembangan Komputer Masa Kini

Kita sudah tahu dan mengenal apa itu komputer. Pertanyaannya, apakah semua orang menggunakan komputer dengan jenis dan tujuan yang sama?


Klasifikasi dan Perkembangan Komputer Masa Kini

Pada hakikatnya, setiap orang yang mengoperasikan komputer mempunyai tujuan berbeda. Oleh karena itu, komputer yang digunakan juga berbeda jenisnya. Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang pengertian komputer. Maka di artikel ini saya akan membahas klasifikasi komputer dan perkembangan komputer masa kini.

Komputer bisa dibedakan dalam berbagai jenis berdasarkan data yang diolah, tujuan penggunaan, dan skala kemampuannya. Berikut ini saya akan mencoba menjelaskan lebih detail tentang klasifikasi penggunaan komputer. 

Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

1. Komputer Analog

Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

2. Komputer Digital

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

3. Komputer Hybrid

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.


Komputer Digital


Komputer Berdasarkan Penggunaannya

1. Special Purpose Computer

Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

2. General Purpose Computer

Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

Special Purpose Computer

Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya

Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.

1. Small Scale Computer

Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

2. Medium Scale Computer

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .

3. Large Scale Computer

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

Klasifikasi Komputer

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu:

1. Micro Controller

Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:

  • pemroses (processing)
  • Memori,
  • Input dan output


Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

2. Micro Computer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

3. Engineering Workstation

Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

4. Mini Computer

Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

5. Mainframe

Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

6. Supercomputer

Komputer ini merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.


Komputer Digital


Perkembangan Komputer Saat Ini

Perkembangan komputer saat ini sangat cepat. Kita bisa baca sejarah komputer dan melihat perkambangannya. Perkembangan komputer itu tentu saja mendorong munculnya berbagai macam aplikasi yang membawa manfaat bagi kita.

Saat ini Kita pasti melihat ke arah komputer yang sedang digunakan untuk browsing. Dan memang, untuk saat ini penggunaan komputer yang sangat populer adalah untuk akses internet. Kita pasti Telah mengenal browsing, chatting, e-mail dan googling.

Pasti, karena itu adalah kegiatan di internet yang paling populer. Beberapa aplikasi lain yang berguna adalah transfer file yang disebut dengan FTP, file sharing, dan remote operation (berguna untuk menjalankan komputer dari jarak jauh). Semua itu bisa dilakukan melalui internet dan komputer kita.

Pekerjaan kantoran juga saat ini rasanya sudah sangat sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini. Mulai dari mengetik surat, membuat tabel perhitungan, membuat database dan melakukan presentasi. Semua menggunakan komputer. Khusus untuk penggunaan kantoran seperti ini, software yang umum digunakan adalah keluarga Microsoft Office kayak MS-Word, MS-Excel, MS-Power Point dan MS-Access. Namun jangan salah, selain dari aplikasi kantoran berbayar dari Microsoft itu, saat ini sudah muncul aplikasi kantoran yang berbasis open source yang sama sekali tidak di bawah MS Office kemampuannya. Beberapa diantaranya adalah Star Office dan Open Office. Bahkan kita bisa melakukan konversi dari file document langsung ke format PDF yang merupakan format distribusi dokumen standar saat ini dengan mudah tanpa perlu bantuan tambahan aplikasi apapun, cukup gunakan Open Office saja.

Selain penggunaan yang umum tadi, komputer juga saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu. Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas. Suatu hari nanti, kulkas kamu di rumah bisa otomatis pesan sendiri persediaan makanan yang sudah habis .

Aplikasi komputer lain yang sangat populer dan tidak boleh ketinggalan disebut adalah game! Ya, perkembangan industri game saat ini sangat fantastis, dan merupakan salah satu sumber keuangan di dunia komputer yang sagat besar. Bisnis game ini merupakan bisnis raksasa, coba lihat aja di sekitar kita, berapa banyak anak-anak yang tidak mengenal game? Hampir tidak ada . Jumlah pengguna game yang sebanyak itu tentu saja merupakan pasar yang sangat potensial bagi para pengembang game saat ini.

Bagaimana kita mencapai kekayaan komputer sekaarang ini? Pada waktu sebelumnya, tidak terdapat keneka ragaman jenis; semua komputer dianggap sama (yang akan dibahas kemudian pada bab ini). Pada suatu waktu, 8 perusahan berbeda pada American Manufactured Computers. Univac yang telah memimpin terlebih dahulu dalam perkomputeran akan tetapi kemudian dikalahkan IBM. (kemudian Univac menjadi bagian dari Sperry, yang bergabung dengan penjual komputer yang lain yaitu Burroughs, untuk mendirikan perusahaan UNISYS).

IBM menjadi penjual dominan di Amerika dan di luar negeri, industri komputer terkadang digambarkan severti “IBM dan tujuh kurcaci” pada tahun 1950an dan awal tahun 1960an, tidak ada perusahan seperti Apple, Digital Equipment Corporation (DEC), dan Compaq. RCA dan General Electric membuat komputer yang sama, akhirnya mengambil pencoretan besar mereka meninggalkan bisnis minikomputer dan penjual utama menggulung dari perubahan dramatis.


Komputer Canggih Masa Kini

Komputer Wizard

Tidak setiap aplikasi membutuhkan kekuatan processing dari komputer personal; sebagai tambahan, alat komputer kecil seperti Wizard menjadi semakin kuat setiap harinya. Brooklyn Union Gas memiliki sekitar 100 Wizard yang digunakan untuk tugas yang berbeda-beda.

Dalam satu aplikasi pelayanan kostumer mewakili penggunaan Wizard untuk membimbing kostumer melalui beberapa peraturan yang dimimta ketika mereka mengatur suatu laporan. Seorang analisis menulis ulang suatu aplikasi yang digunakan pada PC dalam BASIC yang dapat menjalankan Wizard.

Di Merck & Co. Beberapa eksekutif menggunakan Wizard sebagai penyelenggara personal, untuk laporan pengeluaran,dan rencana rapat. Perusahaan bekerja pada suatu aplikasi yang akan menolong manajer-manajer farmasi Amerika Latin dalam menjalankan teritori penjualan mereka. Sekarang, Wizard adalah IBM PC asli yang kuat yang muncul di tahun 1981, dalam perbandingan biaya/tampilan dari “komoditi” keping (chip) prosesor melawan sistem berdasarkan hak milik rancangan sirkuit.

Tren apa dalam tekhnologi yang telah menciptakan industri komputer saat ini? Mengapa begitu banyak jenis komputer yang berbeda, dan untuk apa setiap jenis komputer dirancang?

Perkembangan dari Mainframe

Figur 8-1 menampilkan suatu ikhtisari dari lingkungan komputer yang beredar. Pada Komputer pertama yang dikembangkan adalah mainframe yang lebih besar, mesin yang bertujuan umum. Di awal industri komputer, hanya satu yang dapat menjalankan kelompok pada komputer mainframe. Banyak organisasi yang telah mengembangkan banyak aplikasi pada komputer mainframe; pada saat ini jenis mesin seperti itu digunakan untuk mendukung beberapa teminal dan interacting komputer personal dengan database besar yang menampung milyaran karakter data. Komputer mainframe oleh banyak pengguna digunakan dengan luas untuk proses transaksi dan memelihara akses data penting. Berdasarkan sejarah, IBM telah mendominasi pasar mainframe, akan tetapi permintaan untuk mainframe biasa telah menurun, mengarah kepada masalah besar untuk perusahaan.

Kekuasaan Supercomputer

Komputer mainframe tidaklah cukup cepat untuk beberapa aplikasi. Komputer mainframe dikembangkan secara original untuk keperluan bisnis; komputer mainframe memiliki kelebihan untuk meningkatkan pengolahan data bisnis yang melibatkan manipulasi karakter dan aritmatika desimal. Para ilmuwan dan insinyur memiliki masalah hitungan intensif yang harus dipecahkan, sering melibatkan angka dengan banyak digit yang signifikan. Perusahaan seperti Cray menawarkan komputer super untuk beberapa pekerjaan seperti peramalan, data analisis geologikal, Dan beberapa jenis dari pembelajaran simulasi. Superkomputer termasuk pada komputer tercepat saat ini, dengan ukuran kecepatan dalam 100 megaflop (megaflop adalah pelaksanaan dari satu juta intruksi gerak-poin per detik) lebih cepat dari gigaflop (satu miliyar intruksi gerak-poin per detik). Beberapa perusahaan mencoba untuk mencapai mesin terraflop mesin yang mampu untuk melaksanakan satu triliun instruksi per detik!


mini computer

Perkembangan Komputer Masa Depan

Tentunya seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, bukanlah mustahil bagi manusia untuk menikmati berbagai layanan yang semakin canggih, begitu juga dengan komputer, NEC Design Ltd sebuah lembaga di jepang menawarkan sebuah konsep baru yang mungkin akan mengejutkan anda, saya sangat yakin bahwa beberapa konsep berikut berpotensi untuk merubah wajah dari PC (Personal Computer) di masa mendatang.

Komputer Open Source Terkecil

Telah dikembangkan komputer dengan bentuk skala kecil yang diberi nama Linuxstamp, dari namanya tentu saja mendukung open-source dan hanya menggunakan 6 Integrated Circuit (IC). Komputer kecil ini telah di demonstrasikan beberapa waktu yang lau dalam acara "Linux Garage" dari LinuxWorld yang mengusung tema "Linux dan Lego Berbasis Robot".

Linuxstamp di desain oleh Paul Thomas, yang juga mengungkapkan bahwa Linuxstamp dikembangkan dengan menggunakan Atmel AT91RM9200 yang berbasis ARM9 dengan kemampuan 180Mhz. Selain itu komputer ini menggunakan board dengan dukungan 32MB SDRAM, dan juga perangkat penyimpan sebesar 8MB dari SPI Dataflash serta mempunyai sebuah SD card-slot.

Komputasi Awan

Microsoft tampaknya akan berbaik hati memberikan sesuatu yang gratis bagi para pecinta setianya. Sebuah sistem operasi yang dikabarkan bernama Windows Azure yang berbasis teknologi awan akan dirilis secara cuma-cuma.

Teknologi komputasi awan yang ditawarkan oleh Microsoft ini dipandang sebagai teknologi masa depan. Dengan berkembangnya berbagai aplikasi untuk website dan internet maka kebutuhan akan teknologi komputasi awan ini menjadi sangat penting, dan dipercaya akan segera menjadi sebuah teknologi yang penting dan bahkan akan mengalahkan komputer-komputer yang sudah ada.

Dengan keterangan yang ada pada website wikipedia.org komputasi awan dapat dijelaskan sebagai sebuah teknologi untuk pengembangan aplikasi berbasis internet. dengan teknologi ini seseorang dapat mengakses sebuah layanan berbasis website dengan cepat dan tanpa perlu pengetahuan khusus. Dengan kemampuan untuk menyediakan berbagai aplikasi online dengan didukung server-backend yang kuat menjadi andalan teknologi komputasi awan ini.

Sebagai contoh sekarang kita dapat melihat berbagai layanan milik Google yang tersedia secara online dan gratis dengan kapasitas penyimpanan data yang begitu besar dan tersimpan rapi di server miliknya sehingga pengguna tidak memerlukan lagi harddisk ataupun flashdisk untuk menyimpan data miliknya.

Google Docs merupakan aplikasi yang laris untuk saat ini bagi anda membuat menyunting dan bahkan membagi-bagikan (sharing) dokumen milik anda .

Komputer Cerdas untuk Masa Depan

Membuat sistem komputer yang cerdas dan mampu meniru perilaku manusia atau makhluk hidup lainnya bukan lagi sebuah impian yang mustahil lagi saat ini. Sistem komputer mampu memberikan solusi layaknya seorang pakar dapat diwujudkan melalui sistem pakar.,Sistem komputer pun mampu memberikan keputusan berbasiskan kasus seperti yang dilakukan manusia dengan menerapkan penalaran bebasis kasus (case based reasoning). Sistem komputer mampu mengenali pola seperti halnya manusia dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (neural network).

Algoritma sebuah program pun bisa menemukan solusi terbaik dengan menggunakan teori genetika. Melalui cara bekerja sistem kekebalan tubuh pada manusia (artificial immune system) kita dapat membuat sistem komputer yang mampu mendeteksi spam.

Membuat sistem komputer menjadi “cerdas” seperti itu bisa dipelajari melalui ilmu komputer yang dikenal dengan kecerdasan komputasional (computational intelligence). Kecerdasan komputasional adalah bagian dari kecerdasan buatan (Artificial intelligence)

Apakah Kecerdasan Buatan itu? Kecerdasan adalah kemampuan, kreativitas, intuisi dan emosi. Melalui kecerdasan yang dimiliki, manusia mampu memahami, melakukan penalaran dengan baik dan melakukan penarikan kesimpulan berdasarkan pengalaman dan pembelajaran.

Menurut IEEE Neural Networks Council pada tahun 1996, kecerdasan buatan adalah studi yang mempelajari bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu istilah kecerdasan buatan sering dilekatkan dengan kemampuan komputer untuk memiliki kecerdasan seperti manusia. Pada pertengahan tahun 1900-an, Alan Turing melakukan penelitian untuk membuat komputer menjadi “cerdas”. Alan Turing yakin bahwa komputer dapat meniru bagaimana otak manusia bekerja. Lebih dari 50 tahun lamanya keyakinan Alan Turing masih berupa angan-angan saja. Ketika ilmu psikologi sudah mampu memodelkan sistem biologi neural manusia pun, membuat komputer menjadi cerdas pun masih belum bisa dijelaskan. Akhirnya pada tahun 1950, Alan Turing membuat komputer cerdas yang diberi nama Turing Test. Mesin ini diujicobakan dengan memberikan pertanyaan yang sama ke komputer melalui papan ketik (keyboard) dan ke manusia.

Bagaimana caranya membuat sistem komputer menjadi cerdas?

Kecerdasan Komputasional

Kecerdasan komputasional adalah bidang yang mempelajari mekanisme adaptif dari kecerdasan berperilaku dalam lingkungan yang selalu berubah dan kompleks. Mekanisme adaptif tersebut merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang mempelajari juga bagaimana bisa beradaptasi dengan situasi yang baru, bagaimana melakukan generalisasi dan menemukan pengetahuan.
Oleh karena itu beberapa studi yang dikaji dalam kecerdasan komputasional antara lain; Jaringan Syaraf Tiruan (Artifial Neural Network – NN), Algoritma Genetika atau yang dikenal juga dengan komputasi evolusi (evolutionary computation – EC), Algoritme semut (ant algorithm), kecerdasan berkerumun (swarm intelligence – SI), sistem kekebalan tubuh buatan (artificial immune system – AIS) dan sistem fuzzy (fuzzy system – FS).


EmoticonEmoticon