Apa Itu Komputer, Website dan Teknologi Informasi?

Setiap hari kita selalu melihat dan mengoperasikan komputer. Namun, sebenarnya apakah kita tahu dan mengenal apa itu "komputer"?

Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin "computare" yang berarti menghitung (to compute/to reckon).

atra-abua.blogspot.co.id

Menurut Blissmer, (1985), komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders, (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memposesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan didalam memori.

Masih banyak lagi para ahli yang mencoba mendefenisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai komputer, silahkan baca: Klasifikasi dan Perkembangan Komputer Masa Kini.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi berasal dari 2 kata dalam bahasa Yunani, yaitu "techne" dan "logos" yang berarti “teknik” dan “ilmu pengetahuan”. Sedangkan informasi adalah sekumpulan data yang terorganisir. Maka dari pengartian tersebut bisa kita definisikan bahwa teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari teknik atau cara penyampaian informasi.

atra-abua.blogspot.co.id

Menurut kamus Oxford, (1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Menurut Haag & Keen, (1996), Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Martin, (1999) Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Menurut William & Sawyer, (2003) Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information Technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan;

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa;

"teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bio-informatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi Informasi mempunyai beberapa fungsi, antara lain;


  1. Menangkap (Capture), mengkompilasikan catatan/catatan rinci dari suatu aktivitas. Misalnya menerima inputan dari keyboard, scanner, mic, dsb.
  2. Mengolah (Processing), mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan/pemrosesan data dapat berupa mengkonversi (mengubah data ke bentuk lain), menganalisis (analisa kondisi), menghitung (kalkulasi), men-sintesis (penggabungan) segala bantuk data dan informasi.

  • Data Processing: memproses dan mengolah data menjadi suatu informasi.
  • Information Processing: suatu aktivitas komputer yang memproses dan mengolah suatu tipe/bentuk dari informasi dan merubahnya menjadi tipe/bentuk yang lain dari informasi.
  • Multimedia System: suatu sistem komputer yang dapat memproses berbagai tipe/bentuk dari informasi secara bersamaan (simultan).

  1. Menghasilkan (Generating), menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya laporan-laporan, table, grafik, dsb.
  2. Menyimpan (Storage), merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya: simpan ke harddisk, tape, disket, CD, dsb.
  3. Mencari kembali (Retrival), menelusuri, mendapat kembali informasi atau meng-copy data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari kembali supplier yang sudah lunas, dsb.
  4. Men-transmisi (Transmission), mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya, dsb.

Keuntungan Teknologi Informasi adalah mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.

Pengertian Data

Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan transaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan pokok.

Pengertian Website atau Situs Web

Secara makna, "website" atau situs web adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

atra-abua.blogspot.co.id

Dari penjelasan tersebut, bisa kita pahami bahwa definisi website secara sederhana adalah informasi apa saja yang bisa di akses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Jenis-jenis Website

Secara umum, situs web digolongkan menjadi 3 jenis yaitu: website statis, website dinamis, dan website interaktif.

a.Website Statis

Website Statis adalah website yang mempunyai halaman tetap atau tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs itu.

b. Website Dinamis

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain halaman utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman back-end untuk mengedit kontent dari sebuah website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

c. Website Interaktif

Website Interaktif adalah website yang saat ini sedang trending. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti ini memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.

Unsur-unsur Penunjang dalam Sebuah Website

Untuk membangun sebuah website yang lebih advance, kita juga diharuskan untuk menyediakan unsur penunjang lainnya. Diantara unsur-unsur website itu adalah sebagai berikut:

a.Nama domain

Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengenali sebuah situs, atau dengan kata lain nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di internet.

b. Web Hosting

Web Hosting adalah ruangan yang terdapat dalam harddisk, tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lainnya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dimiliki, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.

c. Bahasa Pemrograman

Bahasa program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website ketika diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktif-nya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website.

d. Desain Website

Unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Serta mempengaruhi dengan kenyamanan konsumen atau pembaca.

e. Publikasi Website

Keberadaan sebuah website seakan kekurangan makna dan nilai kegunaannya jika dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya sebuah website sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan sebuah website kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.

Kesimpulan

Dari ketiga pokok bahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa teknologi informasi, komputer, dan website adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain. Ketiga-nya merupakan elemen penting dalam suatu tatanan sistem informasi global masa kini. Dari artikel ini juga bisa kita pahami bahwa peran teknologi informasi sangat penting keberadaannya bagi komunikasi, sehingga proses komunikasi menjadi lebih mudah dan efektif.

Semoga artikel tentang teknologi informasi dan komunikasi ini memberikan manfaat kepada pembaca. Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam.

***


EmoticonEmoticon